JagatBisnis.id, Jakarta, 6 Desember 2022 – Membangun sebuah bisnis membutuhkan keuletan dan waktu yang panjang. Setelah 17 tahun perjalanan bisnisnya, Napocut, modest fashion brand asal Jakarta, membuka secara resmi flagship store pertama di Gandaria City Mall, lantai 2, Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022).

Pembukaan gerai itu dibarengi dengan rebranding Napocut yang kini menjadi lebih modern dan tetap dengan sentuhan tradisi Aceh.

Di momen itu, Napocut juga meluncurkan dua seri koleksi eksklusif terbaru, yaitu koleksi Lumani dan Basic Essential Collection, yang diproduksi menggunakan serat berkualitas bermerek Tencel™.

Dina Fadia, Chief Marketing Officer Napocut mengatakan, “Saat pandemi, kita mulai berpikir untuk memperluas target pasar. Karena sumber daya yang kita miliki sudah mampu membuat produk dengan berbagai macam desain. Ditambah pengalaman kita berkolaborasi dengan desainer dan individu. Jadi, kita memutuskan untuk melakukan rebranding pada tahun ini.”
“Setelah itu, kita mengenalkan warna baru Napocut melalui dua momen penting, yaitu runway debut di Jakarta Fashion Week 2023 dan flagship store pertama di Gandaria City,” lanjutnya.

Dina menjelaskan, “Tujuan didirikannya toko di Gandaria City adalah untuk memperluas pangsa pasar dan memberikan pengalaman (experience) baru bagi pelanggan setia Napocut.”

Selain pengalaman berbelanja dengan koleksi terlengkap, di dalam toko Napocut juga disediakan communal space untuk kegiatan intimate dengan para pelanggan.

Napocut juga menyediakan NP Concierge, sebuah pojok servis yang merupakan jasa tambahan untuk membungkus kado, seserahan, dan menjadi tempat untuk menampung masukan dan keluhan dari pelanggan.

Zada Amanda, Chief Executive Officer Napocut menuturkan, “Pada dasarnya, pembukaan toko pertama ini sebagai bentuk terimakasih kepada pelanggan setia Napocut yang sudah bersama kami selama 17 tahun.”

“Secara desain, Napocut mengusung konsep modern minimalis dengan sentuhan tradisi Aceh sesuai konsep rebranding. Hal ini juga merupakan statement dari tiga nilai yang diusung Napocut sebagai sebuah merek, yaitu humble, adaptable, dan honest,” lanjut Zada.

Desain toko Napocut dirancang terbuka, simpel, dan alur yang mengalir, agar setiap pengunjung merasa nyaman, bisa melihat langsung kualitas produk yang dibeli dan bisa merasa aman untuk memberikan masukan maupun keluhan.
Koleksi Lumani
Nama Lumani diambil dari gabungan kata Lumaku dalam bahasa Jawa yang berarti berjalan dan Avani dalam bahasa Sansekerta yang berarti bumi. Melalui nama dan koleksi itu, Napocut ingin menyampaikan pesan soulful dan freedom.

Koleksi Lumani terinspirasi dari bumi dan alam yang diimplementasikan dalam warna dan motif. Motif serat kayu menciptakan keselarasan dan harmoni pada motif yang dipadukan dengan teknik bordir. Koleksi itu memberi kesan hangat, dinamis, dan nyaman pada setiap detail yang diaplikasikan.

Koleksi Lumani menampilkan 16 looks pada pagelaran Jakarta Fashion Week 2023 yang menuangkan banyak aplikasi, antara lain manual embroidery, 3D embroidery, pleated fabric, dan printing.
Basic Essential Collection
Basic Essential Collection adalah seri koleksi inner dari Napocut yang lengkap dan unik karena pemilihan bahan dan modelnya.
Biasanya, inner untuk bawahan dipilih model celana ketat (legging), namun Napocut memilih model kulot. Karena model ini dapat digunakan saat memakai dress ataupun untuk celana santai di rumah.
Sedangkan untuk atasan, Napocut merilis model tunik. Model ini dapat dipakai untuk wanita yang aktif dan dapat menutupi bagian pantat.

Semua koleksi seri inner ini bersifat multifungsi, bisa digunakan sebagai dalaman atau luaran saat berolahraga maupun di dalam rumah.
Oleh karena itu, Napocut memilih material serat yang alami merek Tencel™ dengan pertimbangan kenyamanan dan struktur bahannya mampu mencakup kriteria yang diinginkan.

Pemilihan serat yang berkualitas menjadi salah satu kunci bagi para perempuan untuk menjaga kesehatan kulit. Pakaian dalam berserat alami dengan kualitas yang baik membuat kulit bagian intim bisa
mendapatkan sirkulasi udara, terjaga kelembabannya, dan meminimalisir adanya bakteri penyebab penyakit.
Serat Tencel™
Tencel™ sebagai salah satu merek serat unggulan dari Lenzing Group, diciptakan dari pulp kayu yang berasal dari hutan industri yang dikelola secara berkelanjutan dan bersertifikasi.
Di samping nilai kenyamanan dan
kesehatan bagi kulit, serat Tencel™ juga aman bagi lingkungan dan mengurangi pencemaran dikarenakan bahan dasar alami yang menjadikannya mampu terurai kembali ke alam.

Margret Marito, Marketing & Branding Manager Lenzing Group South East Asia menyampaikan, “Tahun ini tepat 30 tahun perjalanan inovasi dari serat Tencel™ menjadi serat yang mendukung misi keberlanjutan dengan mengurangi dampak lingkungan, termasuk di Indonesia. Lenzing akan terus membawa inovasi dalam pengembangan serat berkelanjutan, khususnya dalam mendukung ekonomi sirkular dan target mencapai bebas emisi CO2 pada tahun 2050.”
Tentang Napocut
Napocut didirikan tahun 2005 sebagai brand lokal yang menawarkan hijab dan aksesoris untuk muslimah Indonesia.
Produk yang ditawarkan Napocut identik dengan kesan anggun dan warna yang variatif.

Napocut menggunakan material terbaik, membawa sentuhan desain bordir klasik, dan sulam yang menjadi ciri khas produknya.
Dalam pembuatan produknya, Napocut mengajak pengrajin lokal untuk memberdayakan sumber daya manusia Indonesia.

Setiap tahun, Napocut selalu berinovasi untuk menghasilkan produk terbaru dan terbaik mengikuti pergerakan zaman (tren).
Produk Napocut akan selalu membawa kesan elegan, modis, dan timeless.

JagatBisnis.id