Inovasi Tiket.com di Usia Satu Dekade

JagatBisnis.id, Jakarta, 12 Agustus 2021 – Tiket.com, pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, memperingati 10 tahun berkarya di industri pariwisata dalam acara virtual media gathering yang diadakan pada Kamis (12/8/2021).

Tiket.com menggebrak industri pariwisata dengan mengaplikasikan digitalisasi proses pemesanan tiket perjalanan dan menginap di hotel. Tak hanya itu, perusahaan yang didirikan pada 2011 itu juga menjadi pionir dalam pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, dan hiburan.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang menantang seperti sekarang, Tiket.com mampu melakukan inovasi dengan berevolusi dan beradaptasi mengikuti kebutuhan masyarakat yang mengutamakan rasa aman dan nyaman saat berpergian.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, mengatakan, “Sejak dirintis hingga sekarang, Tiket.com terus berupaya menghadirkan segala kemudahan perjalanan bagi konsumen. Perannya berevolusi menjadi platform online demi mendukung program pemerintah dalam menekan angka laju Covid-19 dan mendorong angka vaksinasi. Langkah ini merupakan bukti nyata pencapaian dan adaptasi Tiket.com pada dunia bisnis travel yang sangat sulit saat ini.”

Tema ’10 tahun selalu ada tiketnya!’ menunjukkan motivasi Tiket.com untuk terus melakukan berbagai peningkatan guna melayani segala kebutuhan konsumen saat melakukan perjalanan dan memperoleh hiburan, hingga memberikan rasa aman dan nyaman saat perjalanan, serta kebutuhan terhadap tes Covid-19 dan vaksinasi.

“Dalam kapasitasnya, Tiket.com memiliki teknologi dan infrastuktur untuk memanfaatkan berbagai macam fitur secara optimal. Ragam fitur yang diluncurkan selama ini merupakan fitur-fitur yang tepat dalam menangkis segala kecemasan konsumen yang berhubungan dengan perjalanan,” tambah Gaery.

Popularitas Tiket.com di masa pandemi ini terbukti dengan tiga fitur berkinerja terbaik pada Q2 2021. Yaitu fitur tiket PayLater, fitur Hotel + tiket Flexi untuk program Long Stay Package, tiket To Do untuk pencarian tes Covid-19 dan pendaftaran peserta vaksinasi Covid-19.

Beberapa peran yang dijalankan oleh Tiket.com selama masa pandemi di antaranya:

– Jendela informasi bagi warga Indonesia dengan pembaruan informasi kebijakan pemerintah secara real time mengenai syarat perjalanan lintas kota, lintas provinsi, hingga lintas negara.

– Pendorong bangkitnya ekonomi pariwisata di berbagai daerah dengan terus mengusung fitur tiket CLEAN, tiket Flexi, asuransi perjalanan Free Protection, Longstay Hotel Package, tiket PayLater, program VACCation Reward, serta berbagai diskon setiap bulan.

– Peningkatan dan inovasi pada produk tiket To Do, yang memudahkan konsumen untuk pencarian tes Covid-19 terdekat dan registrasi vaksinasi di sentra vaksinasi Tiket.com.

– Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan pariwisata nasional dengan mendukung kampanye #DiIndonesiaAja, serta memberikan workshop berupa dialog interaktif dengan para pelaku wisata khususnya di 5DSP, untuk mengoptimalkan penggunaan platform digital. Workshop tersebut menjadi kegiatan bermanfaat yang memberikan solusi cerdas dalam mempertahankan penghasilan di tengah pandemi.

Performa bisnis Tiket.com pada Q2 2021

Dalam paparannya, Tiket.com terus mencetak prestasi di masa pandemi saat ini. Di Q2 2021, Tiket.com mencatat kinerja bisnis terbaik sejak pandemi mulai tahun lalu. Transaksi di semua lini produk unggulan meroket rata-rata 700 persen bila dibandingkan dengan periode Q2 2020. Hal ini menandakan bahwa berwisata adalah salah satu kebutuhan yang telah ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Pariwisata juga menjadi salah satu tanda pertumbuhan ekonomi.

Jika ditelaah lebih lanjut, pada Q2 2021, angka transaksi tiket pesawat meningkat 400 persen, transaksi akomodasi terdongkrak 600 persen, serta transaksi hiburan dan travel essentials di tiket To Do menanjak 1.100 persen.

Selain itu, angka unduh aplikasi Tiket.com pun meningkat 2,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Ini bukti bahwa semakin banyak masyarakat Indonesia yang memercayakan segala kebutuhan dan perlengkapan perjalanan pada Tiket.com.

Tiket.com terima tiga penghargaan sebagai perusahaan teknologi terbaik bagi karyawan.

Perayaan ulang tahun ke-10 Tiket.com dibarengi dengan prestasi perusahaan dalam mendapatkan tiga penghargaan. Antara lain HRAsia Best Company to Work For in Asia 2021 (untuk dua tahun berturut-turut) dan HRAsia Most Caring Companies Awards 2021 (untuk pertama kalinya), serta peringkat ke-5 perusahaan berpredikat Happiness Index 2021 dengan total scoring 4,55.

Ketiga penghargaan tersebut menjadi bukti keberhasilan implementasi core value HAPPY (Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself) yang selalu diusung oleh Tiket.com.

Tiket.com menjaga kelangsungan kesejahteraan T-Fam (panggilan akrab untuk karyawan Tiket.com) selama masa pandemi ini dengan tidak melakukan pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja.

Selain itu, tiket.com juga memberikan fasilitas Flexi Wallet yang dapat digunakan oleh karyawan untuk hobi, edukasi, wellness, top-up medical needs, vacation, serta berbagai kebutuhan pekerjaan.

Tiket.com juga memberikan dukungan pengembangan bakat bagi T-Fam untuk personal growth melalui rangkaian program virtual dari Udemy dan Coursera. T-fam dapat mengambil berbagai jenis course sesuai keinginan hati dan personal goal masing-masing. Setiap bulan, tiap karyawan memiliki data progress untuk memonitor keaktifan dalam mengikuti kelas virtual tersebut.

Selain itu, team people juga menginisiasi program-program untuk membangun Employe Experience yang menyangkut setiap aspek pengembangan sumber daya manusia. Mulai dari proses rekrutmen sampai karyawan menjadi alumni sehingga setiap karyawan akan mendapatkan pengalaman terbaik saat berkarir di Tiket.com.

Dudi Arisandi, Chief People Officer Tiket.com menyampaikan, “Sebagai perusahaan dinamis di industri pariwisata, Tiket.com selalu berupaya untuk menjadi perusahaan yang people-centric. Karena kami memandang T-Fam sebagai prioritas utama agar dapat bersama-sama maju menyejahterakan Indonesia melalui industri pariwisata.”

Dengan core value HAPPY (Hunger, Agile, People-oriented, Performance driven, dan Yourself), Tiket.com terus meredefinisikan dan memperkuat makna bekerja dan berkarya dengan kejujuran dan transparansi, sehingga budaya itu terus terpancar dalam operasional perusahaan sehari-hari.

Gebyar diskon promo dekade Tiket.com

Maria Risa Puspitasari, VP Brand Marketing Tiket.com, mengajak konsumen Indonesia agar segera memanfaatkan promo diskon heboh untuk rencana perjalanan di masa mendatang ketika sudah aman berpergian dan berwisata.

Fokus utama Tiket.com adalah turut mendorong angka kunjungan wisatawan Indonesia ke beragam destinasi domestik agar dunia travel Indonesia dapat segera bangkit dan pulih kembali. Promo yang digelar oleh Tiket.com sangat efektif dalam mendorong angka kunjungan ke destinasi wisata di Indonesia, sehingga para pelaku wisata dapat tetap mencari nafkah di tengah kondisi sulit seperti saat ini,” ujar Risa.

Berlangsung selama 8 hari penuh (10 hingga 17 Agustus 2021), diskon Dekade mencapai 50% + ekstra diskon hingga Rp1 juta untuk semua fitur Tiket.com tanpa terkecuali. Mulai dari pembelian tiket pesawat, kereta api, menginap di hotel, tiket Homes, tiket To Do, hingga layanan jasa sewa kendaraan.

Secara detail, skema diskon Dekade sebagai berikut:

– Diskon hingga Rp310.000 untuk pembelian tiket pesawat Sriwijaya Air, NAM Air, Batik Air, Citilink, Garuda, dan Super Air Jet.

– Diskon hingga Rp60.000 untuk pembelian tiket kereta api semua destinasi.

– Diskon hingga 50% dan tambahan diskon hingga Rp1 juta untuk semua jenis penginapan, termasuk hotel dan akomodasi non-hotel.

– Diskon hingga 20% + ekstra diskon hingga Rp1 juta untuk semua produk yang tersedia di dalam fitur tiket To Do, termasuk tes Covid-19.

– Diskon hingga Rp340.000 untuk penyewaan mobil di seluruh Indonesia untuk semua jenis mobil.

– Diskon hingga Rp140.000 untuk layanan jasa car transfer di bandara domestik atau stasiun kereta api.

“Meskipun proses vaksinasi sedang berjalan, kami tetap mengajak masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik selama dalam perjalanan ataupun saat berwisata. Tiket.com turut mengajak masyarakat untuk selalu merencanakan liburan dengan matang agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati,” tambah Risa.

Di akhir acara, Gaery menghaturkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan kepada Tiket.com sehingga dapat merayakan ulang tahun ke-10. “Saya sungguh optimis dengan masa depan cerah pariwisata Indonesia. Dengan tekad bersama bahu-membahu semua pelaku wisata, niscaya kita mampu mengusung kejayaan pariwisata nasional, bahkan ke tingkat yang belum pernah ada sebelumnya,” pungkas Gaery bersemangat.

error: