JagatBisnis.id, Jakarta, 6 September 2018 – Blibli.com, perusahaan e-commerce lokal terbesar di Indonesia, kembali mengukuhkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan bisnis skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia melalui ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional untuk ketiga kalinya, The Big Start (TBS) Indonesia Season 3.
Didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementerian Perindustrian, TBS Indonesia Season 3 siap digelar dengan total hadiah senilai Rp 1,1 miliar.
Jakarta dipilih menjadi kota kelima dan terakhir dalam rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 yang akan berlangsung antara 7 sampai 9 September 2018.
Mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka!”, TBS Indonesia Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas.
Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com mengatakan, “Tahun ini, The Big Start (TBS) Indonesia Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar. Roadshow diadakan di lima kota. Jakarta dipilih menjadi kota kelima sekaligus penutup dalam rangkaian ini.”
TBS Indonesia Season 3 sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya.
Blibli.com melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang dibandingkan kota-kota lainnya dan menghadirkan persaingan lebih ketat.
“Gelaran di Jakarta menutup rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 di lima kota yang mengajak para pengusaha kreatif muda lokal terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” jelas Lani.
Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan UMKM baru akan tumbuh sekitar 5 persen pada 2019, naik dari 1,56 persen di 2014 dan 3,1 persen dari jumlah penduduk pada akhir 2016.
Menurut riset Mckinsey Institute, terdapat sebanyak 59,9 juta UMKM di Indonesia dan telah berkontribusi hingga 56 persen dari total perekonomian negara. Meski demikian, baru 3,97 persen dari jumlah keseluruhan yang telah membuka usaha di e-commerce. Sehingga masih banyak pelaku usaha yang belum memperluas kesempatan mereka di ranah digital.
Ineu Mardiani, Founder Indhe Bags dan juara ke-4 TBS Indonesia Season 2 membagikan pengalamannya. “Sebagai pengusaha kreatif muda di Jakarta, pebisnis harus terus mengembangkan usaha supaya tidak hanya eksis secara nasional, tetapi juga dapat diterima pasar internasional,” Ineu menyarankan.
Ineu menekankan, “Bagi saya, yang paling penting adalah dua hal. Pertama, segmen pasar yang jelas dan kedua, keunikan produk. Mengikuti TBS Indonesia Season 2 tahun lalu, saya telah belajar banyak mengenai hal baru. Termasuk branding, marketing, memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan berbisnis, terutama cara untuk menuangkan cerita dan identitas bangsa kita yang unik dalam produk saya.”
Nicholas Yudha, Founder Monstore dan merchant Blibli.com mengatakan, “Persaingan UMKM semakin ketat, terutama di Jakarta. Semuanya serba cepat berubah. Sebab itu, sangat penting bagi para pengusaha kreatif muda untuk terus berpikir dan menantang diri sendiri, terutama keunikan dan cerita produk yang ingin diangkat.”
Menurut Nicholas, “Salah satu hal yang penting adalah branding. Karena di sinilah kita bisa menceritakan identitas usaha kita, membantu untuk upscalling bisnis dan meraih pasar lebih luas lagi hingga ke luar Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan ini adalah melakukan penjualan melalui online (e-commerce). Penting untuk mencari platform e-commerce yang memiliki misi dan visi yang sama dengan brand kita.”
Tahun lalu, TBS Indonesia Season 2 sukses menghimpun lebih dari 20.000 peserta. TBS Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen mengembangkan usaha mereka.
Para peserta dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia. Peserta yang berhasil lolos akan melanjutkan ke tahap karantina. Mereka akan dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, hukum hingga perlindungan HAKI. Akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke grand final.
TBS Indonesia Season 3 semakin besar dengan adanya roadshow di lima kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, Bali (Denpasar), Surabaya, dan Jakarta.
Para pengunjung dapat melihat dan berbelanja hasil karya lokal dalam open market, mengikuti talkshow para pengusaha muda (local heroes) masing-masing kota, dan berbagai kegiatan komunitas serta hiburan.
Roadshow TBS Season 3 diadakan di Bandung (20-22 Juli), Yogyakarta (27-29 Juli), Bali (3-5 Agustus), Surabaya (24-26 Agustus), dan berlanjut ke Jakarta sebagai kota terakhir dan penutup pada 7-9 September 2018.
Kompetisi tahun ini juga dimeriahkan dengan Special Project di malam grand final TBS Indonesia Season 3. Sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi yang nantinya dipamerkan di malam grand final TBS Indonesia Season 3. Selanjutnya, dijual secara eksklusif di Blibli.com.
Tahun ini juga diperkenalkan mentor dan juri baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dihadirkan mentor beauty Kezia Toemion (Founder ESQA Cosmetics), mentor fashion Didiet Maulana (IKAT Indonesia), mentor kuliner Gwen Winarno (Pure Foods Company), mentor kriya Bagus Rochadiat (Kekayuan), dan host judges selebriti Aline Adita yang merupakan Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner.
“Semangat dan kreativitas para pengusaha muda di tanah air semakin meningkat tiap tahun. Maka dari itu, Blibli.com terus berkomitmen untuk menyediakan arena kompetisi yang bisa membangun dan meningkatkan bisnis UMKM di Indonesia. Harapannya, melalui TBS Indonesia Season 3 ini, kami bisa menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda untuk terus mengembangkan usaha mereka agar lebih besar lagi dari sekarang,” tutup Lani.
Informasi mengenai The Big Start Indonesia Season 3 dapat diperoleh melalui situs www.thebigstart.blibli.com.
Informasinya juga bisa diperoleh dengan mengunjungi roadshow Blibli.com di Gandaria City pada 7-9 September 2018.
Kini, saatnya membuktikan diri dan membawa bisnis Anda ke skala lebih besar sehingga mampu bersaing di industri e-commerce Indonesia.
The Big Start (TBS) Indonesia adalah reality show ajang kompetisi pencari pengusaha kreatif muda lokal pertama di Indonesia yang tidak hanya fokus memberdayakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), namun juga para penggerak industri kreatif di tanah air.
TBS Indonesia dicanangkan pertama kali oleh Blibli.com pada 2016. TBS Indonesia mempunyai misi menanamkan jiwa inovasi dan kreativitas dengan memberikan pengetahuan, pelatihan, modal, network, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh para pengusaha kreatif muda Indonesia peserta program TBS Indonesia.
Penyelenggaraan TBS Indonesia tahun ini memasuki tahun ketiga yang akan dilaksanakan dalam beberapa fase. Dimulai dari masa pendaftaran yang ditandai dengan roadshow ke lima kota besar: Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Surabaya, dan Jakarta.
Setelah itu akan dilanjutkan ke proses pemilihan 100 besar oleh para kurator. Pemilihan 20 finalis yang akan masuk dalam proses karantina selama 2 minggu dimana proses karantina akan ditayangkan melalui video series di channel Youtube. Terakhir, akan ditutup dengan pemilihan pemenang di malam Grand Final di Jakarta.
Konsep acara TBS Indonesia dikemas dalam bentuk kompetisi yang berisikan beragam tantangan mendidik, menantang, dan menghibur, sehingga cocok ditonton semua kalangan masyarakat Indonesia.
Blibli.com bernaung di perusahaan GDP Venture, perusahaan yang berfokus pada komunitas digital, media, niaga, dan perusahaan yang memberikan solusi untuk sektor internet konsumer di Indonesia.
Blibli.com merupakan e-commerce lokal asli Indonesia terdepan yang menyediakan berbagai produk mulai dari kebutuhan dasar hingga penunjang gaya hidup konsumen.
Blibli.com tidak hanya menjual produk, tapi juga membangun sebuah ekosistem dalam industri e-commerce Indonesia.
Dan tidak hanya bekerja sama dengan pihak ketiga, Blibli.com telah memiliki sistem logistik sendiri (Blibli Express Service), fasilitas penyediaan barang meliputi 5 gudang dan 14 hub yang didesain dengan teknologi tinggi dan dalam proses pengembangan di seluruh wilayah Indonesia.
Dengan mengandalkan teknologi tinggi, layanan prima dan dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, Blibli.com memiliki tujuan untuk selalu memberikan pengalaman belanja terbaik demi mencapai tingkat kepuasan konsumen yang diharapkan, serta menjadi perusahaan e-commerce nomor satu di Indonesia.
Silahkan mengunjungi website www.blibli.com. Atau mendownload aplikasi Blibli.com yang tersedia di Android, iOS dan Windows. Dapat juga diunduh melalui http://www.blibli.com/app