Ingin Mobil Laku dalam 24 Jam? Jual di Carsome

Jagat Bisnis, Jakarta, 7 Mei 2018 – Setelah tahun lalu hadir platform jual-beli mobil bekas secara online BeliMobilGue.co.id asal Singapura, kini industri ini diramaikan kehadiran Carsome yang berkantor pusat di Malaysia.

Pasar mobil bekas di Asia Tenggara merupakan pasar mobil bekas terbesar kelima di dunia. Lebih dari 5 juta transaksi setiap tahun senilai 30 miliar Dolar AS.

Meski demikian, industri ini dirasakan masih sangat terfragmentasi, tidak efisien dan didominasi banyak dealer kecil hingga menengah yang tak memiliki transparansi dan banyak ketidakpastian.

Menyoroti masalah ini, Carsome hadir untuk merevolusi industri jual-beli mobil bekas dengan menyediakan platform penjualan mobil bekas daring untuk proses penjualan yang cepat, mudah, dan transparan. Carsome berkomitmen untuk menjadi cara standar baru dalam menjual mobil bekas di Asia Tenggara.

Eric Cheng, Co-Founder & CEO Carsome mengatakan, “Penggunaan platform e-commerce dalam jual beli mobil bekas di Indonesia masih dalam masa prematur karena kurangnya alternatif daring yang tersedia. Konsumen masih melakukan penjualan mobil mereka kepada dealer atau melalui agen.”

Menurutnya, hal serupa juga terjadi di tingkat perusahaan. Banyak perusahaan seperti perusahaan leasing dan keuangan menjual mobil bekas melalui lelang fisik, yang merupakan faktor pembatas untuk mendapatkan harga terbaik.

Eric menambahkan, hal serupa terjadi di semua negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, dimana dealer tradisional menjadi pemegang mayoritas pasar. Keadaan ini sangat tidak efisien dalam pengalaman membeli dan menjual mobil bekas.

Dalam hal ini, Carsome berinovasi dengan memberikan kepada pengguna sebuah cara yang lebih mudah untuk menjual mobil mereka ke dealer secara cepat, aman, dan gratis.

Melalui portal berbasis daring, pelanggan dapat menjual kendaraan mereka dengan harga terbaik kepada dealer di seluruh negeri. Carsome memfasilitasi seluruh proses penjualan mobil. Mulai dari inspeksi, penilaian harga, penawaran dan pembayaran dealer serta kebutuhan logistik. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menjual mobil mereka dalam sehari, tanpa biaya apapun dan tanpa perlu repot kepengurusan dokumen.

“Kami melihat potensi pasar yang sesuai dengan model bisnis kami. Tak banyak tersedia platform daring yang menyediakan layanan proses menyeluruh kepada konsumen, seperti Carsome. Kami percaya Carsome membawa inovasi baru ke pasar yang sebagian besar masih tradisional dan belum terdisrupsi. Kami juga memberikan penekanan kuat pada pelayanan kami untuk memastikan konsumen mendapat pengalaman menjual mobil dengan kualitas terbaik di Carsome,” Eric memaparkan.

Di lndonesia terdapat lebih dari 2 juta transaksi mobil bekas setiap tahun. Ini merupakan pasar mobil bekas terbesar di Asia Tenggara. Angka ini bahkan diprediksi masih akan terus tumbuh sekitar 10% per tahun, seiring dengan pertumbuhan kelas menengah dan populasi mobil.

Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia menjelaskan, dengan pendanaan Seri B yang diterima pada awal 2018, Carsome berkomitmen memajukan pertumbuhan di Indonesia dengan berinvestasi lebih banyak dalam membangun kesadaran merek (brand awareness) di Indonesia untuk memperkenalkan Carsome sebagai cara standar baru dalam jual-beli mobil bekas.

Andreas menjelaskan, ”Kami memperbanyak tenaga kerja kami untuk mengakomodasi lebih banyak konsumen, dan meningkatkan kehadiran kami dengan memperbanyak Iokasi inspeksi. Kami juga memindahkan kantor kami ke Iokasi yang lebih besar di Jakarta Barat untuk mengakomodasi transaksi yang lebih banyak, serta memperbanyak tenaga kerja kami untuk memenuhi kebutuhan inspeksi.”

“Kami percaya inovasi ini akan membawa angin segar dalam industri penjualan dan pembelian mobil bekas di Indonesia. Kami meIihat pertumbuhan yang kuat di Carsome. Pasar mulai menerima dan banyak melakukan transaksi mobil bekas melalui Carsome,” ungkap Andreas.

Andreas menambahkan, “Sejauh ini, kami mendapatkan respon positif dari para penjual. Kami berada di jalur yang benar untuk mengembangkan bisnis ini lebih Ianjut.”

Di kesempatan itu, sebagai bagian dari inisiatif dan komitmennya di Indonesia, Carsome menyumbangkan sebuah mobil Daihatsu Xenia kepada Yayasan Kasih Kanker Anak Indonesia (YKAKI). Carsome berharap, donasi mobil itu bisa berkontribusi membantu masyarakat yang membutuhkan transportasi

“Kami meIihat YKAKI membutuhkan moda transportasi yang memadai untuk mengakomodasi anak-anak dalam mendapatkan perawatan. Kami berharap dengan transportasi tambahan yang diberikan kepada YKAKI, anak-anak akan mendapatkan perawatan tepat waktu. Pada saat yang sama juga membantu memudahkan tim YKAKI menjalankan pelayanan harian mereka,” tutup Andreas Djingga.

Carsome mengklaim bisnisnya mengalami perkembangan paling cepat di kawasan Asia Tenggara.

Berkantor pusat di Malaysia, Carsome berekspansi ke Indonesia, Thailand dan Singapura. Carsome memiliki jaringan dealer terbesar dengan lebih dari 3.000 dealer terdaftar di platformnya.

Sejak didirikan pada tahun 2015, Carsome telah membukukan lebih dari 200.000 penawaran untuk mobil dimana lebih dari 70% transaksi dilakukan antar kota.

Silakan kunjungi www.carsome.id untuk keterangan lebih Ianjut.

error: