jagatbisnis.id, Jakarta – Lazada, destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara meluncurkan program roadshow #UpgradeUKM.
Program ini sebagai salah satu bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang dirilis beberapa bulan lalu guna memfasilitasi pengembangan potensi UKM lokal di berbagai daerah di Indonesia. Peresmiannya diselenggarakan di XXI Lounge, Plasa Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2017) pagi.
Sejalan dengan amanat Presiden RI, Joko Widodo, soal pentingnya meningkatkan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia, Lazada bersama Facebook dan SiCepat Express akan mengunjungi dan mengedukasi UKM-UKM di 11 kota di Indonesia.
Di setiap kota tersebut akan diselenggarakan seminar dan forum edukasi kepada para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih di masa depan.
Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, mengatakan, “Tak hanya di kota-kota besar, Lazada akan terus mencari, memfasilitasi dan membantu pedagang dan UKM di berbagai pelosok tanah air dalam pengembangan usaha.”
Florian menambahkan, “Kami ingin mendukung pemerintah dalam menciptakan lebih banyak titik digital perekonomian baru di seluruh Indonesia melalui misi Upgrade UKM ini.”
“Apalagi, saat ini Lazada menjalankan gratis ongkos kirim (ongkir) sehingga penjual di berbagai daerah dapat menjangkau pembeli dimanapun tanpa harus khawatir biaya pengiriman,” Florian menekankan.
Sebagai bentuk keseriusan Lazada mendukung UKM, roadshow #UpgradeUKM mulai Agustus 2017 akan menjangkau 11 kota potensial di seluruh Indonesia dan menyapa para wirausahawan dan UKM setempat.
“Jadi kami dapat langsung memberikan edukasi, mengetahui tantangan yang mereka hadapi dan memberikan solusi dalam mengembangkan usahanya,” papar Florian.
Selain Florian Holm, konferensi pers itu dihadiri oleh Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf), Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran Bekraf, Wiwin Dewi Herawati, Head of Sales & Marketing SiCepat Express, dan artis Shandy Aulia selaku fashion designer, influencer & enterpreneur.
Bekraf memiliki misi yang serupa dengan Lazada dalam mendukung UKM-UKM kreatif di Indonesia. Bekraf memiliki tiga fokus utama. Yaitu pembinaan keterampilan dan kemampuan berbisnis, membantu menyediakan platform-platform berjualan, dan mendorong citra dan pemasaran produk.
Diharapkan melalui roadshow #UpgradeUKM, lebih banyak UKM kreatif yang akan terbantu dan terdorong untuk meng-upgrade bisnisnya, bahkan hingga ke level global.
Menurut Ricky Pesik, Wakil Kepala Bekraf, pihaknya selalu mendukung dan menyambut baik inisiatif sektor swasta untuk merangkul dan membantu UKM di berbagai daerah di Indonesia agar dapat lebih maju, mampu meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi.
“Saya berharap para pelaku UKM di berbagai daerah, terutama UKM kreatif, bisa memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan melalui program #UpgradeUKM ini dengan baik. Sehingga dapat lebih sukses lagi usahanya, bangga menjadi wirausahawan dan berkontribusi dalam perkembangan perekonomian daerah dan nasional,” harap Ricky.
Selama roadshow #UpgradeUKM, partisipan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai cara memanfaatkan marketplace online untuk usaha mereka. Juga mendapatkan kiat sukses secara langsung dari sejumlah seller yang berpengalaman dan berhasil mengembangkan usahanya di Lazada.
Roadshow ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan dan UKM untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Khususnya bagi yang sebelumnya hanya berjualan secara offline diharapkan mampu menjangkau lebih banyak konsumen dengan berjualan online.
Bagi yang semula memiliki usaha berskala kecil dapat meningkatkan kapasitas usaha menjadi menengah atau lebih besar lagi.
Dan tak tertutup kemungkinan bagi yang semula usahanya hanya mencakup konsumen lokal, suatu saat akan merambah pasar global bersama Lazada.
“Target kami sekarang adalah untuk membantu pedagang lokal atau UKM dari segala macam bidang industri di seluruh Indonesia agar dapat maju bersama-sama. Tujuan Presiden RI, Joko Widodo dalam hal ini meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar Florian Holm.
Florian menyampaikan, sejak beberapa waktu lalu Lazada memberikan fasilitas gratis ongkos kirim (ongkir) kepada para pelanggan. Tujuannya, agar masyarakat semakin semangat terus berbelanja online, khususnya di platform Lazada.
Hal ini dilakukan karena didukung oleh tiga gudang Lazada yang berlokasi di Jakarta, Surabaya dan Medan. Jadi, tim Lazada bisa melakukan sendiri packing barang yang diorder konsumen dan mengirimnya bekerja sama dengan ekspedisi SiCepat Express.
Sampai kapan ongkos kirim gratis belanja di Lazada? “Sampai seterusnya akan free dengan berat barang maksimal 7 kilogram dan belanja minimal Rp 50 ribu,” jelas Florian.
Ia optimistis strategi marketing gratis ongkos kirim akan menggenjot berkali lipat penjualan para UKM yang tergabung di Lazada sekitar 30 ribu UKM dari berbagai sektor usaha, seperti garmen, fashion, furnitur, merchandise, food & beverage, dan lainnya.
Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara. Antara lain di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
Melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain yang disesuaikan, Lazada telah membantu lebih dari 80.000 penjual lokal dan internasional, serta 2.500 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara.
Lazada menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik melalui jaringan mitra logistik yang luas dan melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada.
Lazada Indonesia telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016.
Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017.