Sambut HUT Ke-45, Universitas Budi Luhur Luncurkan Logo Bertema Lestarikan dan Makmurkan Bumi

JagatBisnis.id, Jakarta, 23 November 2023 – Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45, Universitas Budi Luhur (UBL) meluncurkan logo “Budi Luhur 45 Tahun”.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, M.M. meluncurkan logo Budi Luhur 45 Tahun.

Prosesi peluncurannya dilakukan oleh Rektor UBL Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, M.M didampingi jajaran pimpinan UBL di Doktorandus Koffie, Kampus UBL, Jalan Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan pada Kamis (23/11/2023).

Logo Budi Luhur 45 Tahun merupakan hasil seleksi ketat dari kompetisi yang digelar sejak 17 Oktober hingga 10 November 2023 yang mengangkat tema “Melestarikan dan Memakmurkan Bumi demi Kesejahteraan Umat-Nya”.

Kompetisi desain logo ini diikuti oleh 92 peserta. Logo hasil karya Viero Al Hafidz, mahasiswa semester 7 program studi Desain Komunikasi Visual UBL berhasil sebagai pemenang.

Viero Al Hafidz, pemenang kompetisi desain logo Budi Luhur 45 Tahun.

Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, M.M menjelaskan, UBL berkomitmen untuk menjadi kampus yang melestarikan dan memakmurkan bumi. Komitmen tersebut diusung dalam rangkaian peringatan HUT ke-45 UBL yang jatuh pada 1 April 2024. “Sebenarnya sederhana, bagaimana caranya kita sebagai manusia, sebagai anggota dari UBL ikut melestarikan bumi,” ujarnya.

Rektor UBL menguraikan bahwa dalam logo Budi Luhur 45 Tahun, semua elemen kehidupan terangkum menjadi satu dengan sangat baik. Meliputi air, angin, matahari, dan tanah. Simbol-simbol dan warnanya penuh makna. Logo ini akan digunakan hingga setahun ke depan pada setiap kegiatan HUT UBL.

Makna logo Budi Luhur 45 Tahun.

Menurut Rektor UBL, setidaknya ada 45 jenis kegiatan yang akan memeriahkan peringatan HUT ke-45 tahun UBL. Mulai dari peluncuran logo, seminar, diskusi, berbagai lomba hingga kegiatan aksi sosial (Corporate Social Responsibility/CSR), aksi peduli lingkungan dan kerjasama internasional. “Semua kegiatan ini melibatkan seluruh sivitas akademika UBL,” paparnya.

Logo Budi Luhur 45 Tahun.

Rektor UBL memastikan bahwa semua kegiatan dalam rangka HUT ke-45 UBL nantinya, bersifat menguatkan langkah UBL menjadi Kampus Unggul lima tahun ke depan. “Kami sudah ada target untuk menjadi kampus unggul pada HUT yang ke-50. Langkahnya sudah kami mulai dan akan terus diperkuat,” tambahnya.

Terkait program unggulan HUT ke-45, UBL sedang mempersiapkan pembukaan program studi internasional yang baru yakni Prodi Data Sains. Untuk membuka prodi baru ini, UBL menggandeng dua universitas ternama dari Belgia dan Belanda.

Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, M.M., Rektor Universitas Budi Luhur.

“Nantinya, kelas ini menggunakan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswanya juga internasional bisa dari mana saja, termasuk dosennya,” ungkap Rektor UBL.

Ditargetkan pada tahun ajaran baru 2024, Prodi Data Sains ini sudah bisa menerima mahasiswa baru dan memulai kegiatan perkuliahan. Rektor UBL optimistis bahwa prodi Data Sains ini akan disambut positif oleh masyarakat mengingat persoalan data, big data dan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) kini sedang menjadi tren.

“Sama halnya tahun lalu kita membuka prodi manajemen bencana, ternyata animo masyarakat cukup tinggi. Ini adalah satu-satunya kampus yang punya prodi manajemen bencana. Juga dengan prodi Data Sains, kami berharap hal yang sama. Karena momentumnya sangat tepat,” tegas Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengembangan Kebudiluhuran, Yusran menjelaskan, sesuai dengan tema besar HUT ke-45 UBL yakni Melestarikan dan Memakmurkan Bumi demi Kesejahteraan Umat-Nya, maka dalam rangkaian peringatan HUT kali ini juga disiapkan aksi kepedulian lingkungan.

Misalnya berkolaborasi dengan bank sampah akan digelar aksi penanaman pohon di titik-titik area kritis bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juli 2024. Ada juga kegiatan napak tilas ke suku pedalaman di Jambi dan suku Badui, kegiatan 1000 amal jejak langkah, jambore potensi SAR dan robotic better life.

“Kami akan menjangkau masyarakat luas melalui aksi-aksi kepedulian sosial dan lingkungan. Kami berharap semua fakultas menyiapkan programnya sesuai dengan tupoksi,” tandas Yusron.

JagatBisnis.id

error: