Brand Pembalut Charm, YKPI dan Kementerian Kesehatan Luncurkan Slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi”

JagatBisnis.id, Jakarta, 6 Oktober 2022 – Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization / WHO) menunjukkan, kanker payudara merupakan kanker yang paling umum terjadi di dunia selama tahun 2021, dengan rasio kasus baru mencapai 12% dalam setahun.

Di Indonesia, jumlah pasien dan kasus meninggal akibat kanker payudara paling banyak dibandingkan jenis kanker lain. Hal ini disebabkan sekitar 70% di antaranya adalah kasus yang ditemukan dalam stadium lanjut.

Di sisi lain, apabila berhasil dilakukan deteksi dini, maka tingkat kesembuhannya cukup tinggi mencapai 90%. Sehingga penting untuk mengupayakan agar dapat mendeteksi kanker payudara secara dini.

Karena itu, Charm kembali melanjutkan upaya bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) yang dihelat pada tahun lalu.

Di tahun ini, Charm menambah mitra dengan menggandeng Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) untuk meluncurkan slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” demi mempenetrasikan literasi kepada para wanita mengenai pentingnya gerakan “Periksa Payudara Sendiri” (SADARI) guna mendukung deteksi dini risiko kanker payudara.

Brand pembalut wanita Charm berkolaborasi dengan YKPI dan Kemenkes meluncurkan slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” pada konferensi pers yang diadakan pada Kamis, 6 Oktober 2022 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.

Kolaborasi tiga pihak dengan tema penemuan kasus kanker payudara secara dini antara swasta, organisasi non pemerintah dan Kementerian ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Selain itu, dengan donasi yang diberikan Charm kepada YKPI untuk mempenetrasikan gerakan SADARI, diharapkan dapat mendukung aktivitas Pink Ribbon di bulan Oktober yang diperingati sebagai bulan kesadaran kanker payudara, demi berkontribusi pada perwujudan 0 (nol) penemuan kanker payudara stadium lanjut yang dicanangkan oleh Kemenkes.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI dr. Maxi Rein Rondonuwu, dalam sambutannya mengatakan, “Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak di dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan dukungan semua pihak termasuk perusahaan, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, dan organisasi profesi lainnya. Kami berharap PT Uni-Charm Indonesia Tbk dapat bergandengan tangan seterusnya dengan pemerintah untuk mensosialisasikan gerakan SADARI.”

PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga memiliki beberapa program untuk menyebarluaskan gerakan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” dengan pemasangan tulisan “Ayo Sadari Setelah Menstruasi” di kemasan produk Charm.

Uni-Charm juga menyarankan pelaksanaan SADARI pada hari ke 7-10 dari hari pertama setelah menstruasi untuk mendukung gerakan deteksi dini kanker payudara dengan mendukung penetrasi gerakan periksa payudara sendiri dan membuat video yang menjelaskan cara melakukan SADARI serta disebarluaskan melalui Youtube dan media sosial lainnya.

Uni-Charm aktif mengimplementasikan berbagai kegiatan di bulan peringatan kanker payudara ini. Antara lain sosialisasi SADARI, pemeriksaan Mamografi, dan sosialisasi terkait SADARI kepada para SPG untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara dan kepada para karyawan PT Uni-Charm Indonesia Tbk yang mayoritas wanita.

Yuji Ishii, Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk menyampaikan, “Kanker payudara merupakan masalah kesehatan yang serius di seluruh dunia maupun di Indonesia. Sehingga kami merasa perlu melakukan upaya dengan segera bersama organisasi non pemerintah dan Kementerian. Penanganan yang harus dilakukan adalah meminimalisir risiko terjadinya kanker payudara dengan melakukan deteksi dini. Dan hal ini perlu disebarluaskan kepada para konsumen, khususnya wanita. Karena itu, sebagai brand kategori pembalut wanita yang mendapat dukungan nomor 1 di Indonesia, Charm bertekad untuk dapat berkontribusi pada gerakan deteksi dini kanker payudara.”

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii.

Yuji menambahkan, “Sejalan dengan upaya dari Kemenkes dan YKPI untuk mempenetrasikan gerakan SADARI, kami mendukung ajakan periksa payudara sendiri setiap satu bulan satu kali setelah menstruasi, bertepatan dengan waktu penggunaan produk kami, melalui peluncuran slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi.”

PT Uni-Charm Indonesia Tbk akan berkolaborasi dengan YKPI untuk menyusun program edukasi tentang SADARI di berbagai area di Indonesia untuk berkontribusi pada 0 (nol) penemuan kanker payudara stadium lanjut.

Uni-Charm juga melakukan berbagai upaya yang sejalan dengan company slogan Ethical Living for SDGs, yakni menerapkan kebaikan kecil dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan dapat memberikan kehidupan yang sehat, nyaman dan bahagia secara berkelanjutan kepada seluruh masyarakat, termasuk para wanita di Indonesia.

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Yuji Ishii (tengah).

Yuji mengungkapkan, dari 17 target Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui kegiatan ini juga berupaya untuk berkontribusi pada target nomor tiga, “Memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia” dan nomor 17 “Partnership untuk mencapai tujuan”. Langkah ini sejalan dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs, yaitu “Aktivitas perusahaan yang dikembalikan pada masyarakat”. Untuk ke depannya, pihaknya akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Agum Gumelar, yang juga hadir dalam acara Pink Ribbon Unicharm 2022 mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kepedulian terhadap penyakit kanker payudara.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar (kanan).

“Dengan meluncurkan slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melakukan periksa payudara sendiri secara rutin, demi mewujudkan 0 penemuan kanker payudara stadium lanjut,” tutur Linda.

Ahli Onkologi dan Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) dr. Walta Gautama menekankan tentang pentingnya melakukan SADARI.

Ahli Onkologi dan Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia, dr. Walta Gautama (tengah).

“Skrining kanker payudara adalah hal yang wajib dan penting dilakukan oleh setiap masyarakat untuk mendeteksi kemunculan kanker payudara sejak dini. Sejatinya, skrining ini bisa dimulai dilakukan dengan cara yang mudah di rumah saja setiap bulan. Satu gerakan sederhana, namun penting yakni gerakan SADARI. Ini harus secara berkala dilakukan pada hari ke 7-10 setelah hari pertama menstruasi, atau tanggal tertentu bagi yang sudah menopause,” ujar dr. Walta.

Salah seorang survivor kanker payudara, Kartika Kembaren, turut mendukung gerakan SADARI yang sangat dianjurkan untuk mewujudkan 0 penemuan kanker payudara stadium lanjut. “Saya akan sangat senang bila semakin banyak pihak yang aware dan sharing tentang edukasi SADARI. Tidak hanya dari pemerintah, namun juga pihak swasta,” ucapnya.

Survivor kanker payudara, Kartika Kembaren (kanan).

“Saya sangat mengapresiasi langkah dan komitmen PT Uni-Charm Indonesia Tbk dalam mengedukasi gerakan SADARI bersama dengan Kementerian Kesehatan dan YKPI, melalui penempelan stiker di setiap produk Charm dengan tujuan meningkatkan kesadaran gerakan SADARI. Kita akan terhindar dari kanker payudara stadium lanjut, sehingga angka kesembuhan dan harapan hidup juga akan semakin besar. Selain itu dapat meminimalisir tingkat kematian akibat kanker payudara,” pungkas Kartika.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk

PT Uni-Charm Indonesia Tbk adalah perusahaan subsidiary dari Unicharm Corporation, Jepang didirikan pada tahun 1997. PT Uni-Charm Indonesia Tbk memproduksi dan menjual produk popok bayi, pembalut wanita, popok dewasa, tissue basah, kapas kecantikan, dan masker.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk berkomitmen dengan harapan untuk mempersembahkan kepada para konsumen dari segala usia, sejak bayi hingga orang tua, ke semua wilayah Indonesia, produk yang dengan lembut mendukung pikiran dan tubuh mereka untuk membebaskan mereka dari beban dan memungkinkan mereka untuk mewujudkan impiannya, sesuai dengan filosofi Unicharm Group.

error: