Komitmen Shopee Bantu Pengusaha Muda Bangun Bisnis Online

JagatBisnis.id, Jakarta – Shopee, platform e-commerce terdepan di Indonesia, merayakan Hari Sumpah Pemuda bersama media dan penjual muda Shopee di kantornya di Wisma 77 Tower 2 Level 10, Jalan Letjen S Parman Kav. 77, Jakarta Barat, Jumat (27/10/2017) siang. Melalui momentum ini, Shopee berkomitmen untuk membantu lebih banyak pengusaha muda membangun bisnis online mereka. 

Dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang begitu cepat, generasi muda memegang peranan penting untuk turut ambil bagian di dalamnya. 

Di Shopee Indonesia, lebih dari 70% penjual berusia 30 tahun ke bawah. Tren ini menunjukkan kebutuhan untuk membina generasi penerus Indonesia, yang dapat menjadi agent of change dan kontributor utama untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Nilai industri e-commerce di Indonesia diproyeksi mencapai USD 130 milyar di tahun 2020. 

(ki-ka) Lenny Yapananda Saputra, penjual muda di Shopee; Monica Vionna Elysia, Marketing Manager Shopee Indonesia; RM Ihsan, penjual muda di Shopee.

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan, “Kami sangat senang melihat tren positif di Indonesia dimana banyak anak muda menggunakan platform e-commerce untuk memulai bisnis mereka. Hingga saat ini, kami memiliki ribuan penjual muda yang tergabung dalam Komunitas Penjual Shopee, dengan persebaran jumlah penjual muda terbanyak ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Ke depannya, kami berharap dapat melihat lebih banyak lagi penjual muda dari seluruh Indonesia bergabung dengan kami. Shopee berkomitmen untuk membantu pengusaha lokal mengembangkan bisnis online mereka, dengan memberikan dukungan operasional, pengetahuan dan keahlian, serta finansial.” 

Sejalan dengan komitmen untuk mendorong peran serta pemuda dalam menggerakkan ekonomi digital, Shopee menggelar Bincang Penjual Muda Shopee dengan mengundang dua pengusaha muda untuk membagikan kisah sukses mereka. 

R.M. Ihsan, penjual berusia 21 tahun, menceritakan pengalamannya, “Shopee telah membantu saya untuk membangun bisnis online dan memperoleh penghasilan tambahan.” 

Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Sriwijaya, Palembang itu menambahkan, “Saya berharap dapat berkontribusi dalam menggerakkan ekonomi digital dengan melebarkan bisnis saya dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Semoga saya dapat menginspirasi lebih banyak anak muda untuk memulai bisnis mereka dan mendorong perkembangan e-commerce Indonesia.” 

Shopee memahami kebutuhan dan tantangan utama yang dihadapi para pengusaha lokal dan berkomitmen memberikan dukungan berkesinambungan untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Guna memberikan dukungan operasional, Shopee menghadirkan platform untuk berjualan tanpa dikenakan biaya apapun. Hanya dibutuhkan waktu 30 detik untuk bergabung sebagai pengguna Shopee. Shopee juga menghadirkan beberapa fitur di dalam aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk berperan aktif. Misalnya fitur Seller Centre dan Seller Assistant yang bermanfaat untuk membantu penjual mendata dan mengantarkan produk dengan aman, efisien dalam biaya, dan profesional. Fitur ini juga membantu individu untuk mengatur bisnis mereka dalam platform Shopee.

Untuk komunitas penjualnya, Shopee mendedikasikan City Manager, yang secara khusus memantau kebutuhan penjual di kota-kota, sehingga memudahkan penjual untuk berkomunikasi dengan Shopee.

Untuk memberikan dukungan pengetahuan dan keahlian, Shopee mengadakan Kampus Shopee yang diluncurkan pada tahun 2015. Kampus Shopee adalah sesi edukasi/tutorial yang disiapkan Shopee untuk membantu mengembangkan bisnis online mereka dan membantu di tengah persaingan e-commerce.  Tahun ini, Shopee juga melakukan roadshow Kampus Shopee di 13 kota di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Shopee juga menyelenggarakan Ngupee Shopee, sebuah acara mingguan untuk bertemu dan berbagi pengalaman serta informasi antar penjual di kota tersebut. 

Shopee juga menggelar Shopee Campus Competition, sebuah platform untuk mahasiswa sebagai sarana mengembangkan ide bisnis, dan memperoleh lebih banyak pengetahuan dan insight marketing. 

Dalam memberikan dukungan finansial, Shopee memiliki komitmen berinvestasi sebesar Rp100 miliar untuk mendukung pengusaha lokal melalui program-programnya. 

Selain itu, Shopee Indonesia juga memberikan bantuan dana langsung kepada UKM terpilih melalui program Shopee untuk Negeri untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya.

Lenny Yapananda Samudra, mahasiswi jurusan Manajemen semester VII, Universitas Bina Nusantara, Jakarta asal Bogor menyampaikan, “Dengan bantuan teknologi, kita sebagai generasi muda dapat memperoleh segala sesuatu dengan lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk itu, kita harus berani mengambil langkah untuk memaksimalkan potensi, dan tidak menunda-nunda. Dengan Shopee, sangat mudah dan nyaman untuk memulai dan mengembangkan bisnis online seperti saya.” 

Shopee merupakan marketplace e-commerce terbesar di Asia Tenggara dan Taiwan. Shopee merupakan wadah yang secara khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara. Shopee menjadikan  proses belanja online menjadi mudah, aman, dan fleksibel melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat. 

Shopee bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas platform dan menjadi tujuan pilihan e-commerce. 

Shopee memiliki beragam pilihan kategori produk yang luas, mulai dari elektronik, perlengkapan rumah, perawatan kecantikan dan kesehatan, bayi dan anak, fashion, serta perlengkapan olahraga. 

Shopee pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2015, dan telah memperluas jangkauannya di Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. 

Informati lebih lanjut mengenai aktivitas Komunitas Penjual Shopee dapat diperoleh melalui akun media sosial @Shopee_ID atau Youtube @Kampus Shopee. 

error: